Minggu, 20 Januari 2019

Peduli Situs Candi Deres Bersama Warga,Muspika Gumukmas dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Senin, 21 Januari 2019


Berita Gumukmas; Situs Candi Deres, Desa Purwoasri Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember.

Situs Candi Deres yang terletak di Dusun Krajan Rw 03 Desa Purwoasri Kecamatan Gumukmas adalah salah satu cagar budaya bangsa yang dilindungi oleh negara,dengan Pengawasan Balai Pelesatarian Cagar Budaya (BPCB Trowulan).

 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember sudah beberapa kali melakukan pembugaran di area situs Candi Deres tersebut dan akan terus diperhatikan,karena juga salah satu icon destinasi wisata yang ada di KabupatenJember. Terbukti dengan adanya pembangunan yg sudah selesai di tahap ke dua ini.

Pelestarian Situs Candi Deres sangat didukung oleh warga sekitar,Pemdes Purwoasri dan Kecamatan Gumukmas. Kegiatan demi kegiatan sering dilaksanakan bersama sama, seperti halnya kerja bakti hari ini membersihkan area situs Candi Deres oleh warga dan pemuda setempat yg lebih dikenal Komunitas Pemuda Candi Deres Padamu Negeri (Pemuda CADER), bersama perangkat Desa Purwoasri, Pengawas Dinas terkait dan juga dihadiri Polsek Gumukmas.

 Harapan warga semoga pemerintah selalu mendukung pelestarian cagar budaya yang ada di desa Purwoasri ini,tutur salah satu tokoh masyarakat sekitar.



 Selaku pengawas dari BPCB Trowulan Bapak Basuki menyampaikan banyak terimakasih atas partisipasi warga beserta pemerintah setempat yang ada di kecamatan Gumukmas. Karena sangatlah penting keharmonisan kekompakan untuk terus bersama sama melestarikan situs Candi Deres yang merupakan sejarah Cagar Budaya Bangsa. (rsd) 

Purwoasri, 21 Januari 2019

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon