Selasa, 22 Januari 2019

Petrokimia Jamin Stok Pupuk di Jember, Lumajang dan Probolinggo, Aman

MAJALAH-GEMPUR.Com. PT Petrokimia Gresik jamin stok Pupuk bersubsidi di wilayah Kabupaten Jember, Lumajang dan Probolinggo, Provinsi Jawa Timur untuk  tahun anggaran 2019, Aman.

Pernyataan itu ditegaskan Staf Perwakilan Daerah Penjualan Wilayah Lumajang Jember dan Probolinggo Taufik Muhlisin usai penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB) bersama distributor dan Kios pupuk bersubsidi jaringan PT Petrokimia Gresik (PT PG) se Jember, untuk di Hotel Moetel Jember,(22/1/2019). 

Menurutnya, penandatanganan SPJB ini merupakan langkah awal dalam mekanisme penyaluran pupuk bersubsidi, meskipun secara  seremonial baru dilaksanakan hari ini, namun secara operasional sudah dilaksanakan pada 31 desember 2018  lalu.

Pupuk bersubsidi merupakan barang dalam pengawasan pemerintah, sehingga distributor dan kios resmi wajib tertib administrasi. “Penandatanganan SPJB hari ini merupakan salah satu bentuk pembinaan administrasi, di Jember sendiri terdapat 10 distributor dan 541 kios resmi,” jelasnya.

Sebagai produsen pupuk milik negara, katanya, Pertokimia siap menyalurkan pupuk bersubsidi sesuai alokasi yang ditetapkan. Berdasar  SK Kedis Pertanian Dan Ketahanan Pangan Jatim No. 521.1/3610/110.2/2018, bahwa alokasi pupuk untuk Jember 2019, UREA 90.755 ton, pupuk ZA 44.170 ton, pupuk SP36 4.375 ton, Pupuk NPK Phonska 32.989, Pupuk Organik Petroganik 18.259 ton.

Distributor dan kios diharap  menyalurkan sesuai alokasi, sesuai Permentan, Permendag, SK Dinas Pertanian Provinsi, dan Kabupaten. ”Kios juga harus memastikan petani terdaftar pada kelompok tani, dan menyusun Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok ( RDKK) dan lahan pertanian kurang 2 ha,” lanjutnya.

Petrokimia juga menjamin ketersediaan pupuk mulai lini III Produsen, lini III Distributor dan lini IV kios, apabila ada kekurangan, Petrokimia bersama KP3 (Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida) akan mengusulkan tambahan alokasi kepada Gubenur/Kementan,“ pungkasnya. (edw)
Sumber/ 
https://www.majalah-gempur.com/2019/01/petrokimia-jamin-stok-pupuk-di-jember.html?m=1

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon