Jumat, 01 Februari 2019

Rokok Tampa Bea Cukai Di Amankan Polres Jember

Selundupkan Ratusan Ball Rokok tanpa cukai, 3 kurir asal Madura diamankan polisi.

Berita Gumukmas Jember - Polres Jember melalui Polsek Jenggawah berhasil mengamankan 126 ball rokok tanpa pita cukai berikut 3 kurirnya asal Madura, di jalan raya Jenggawah tadi malam.Kamis (31/1/2019).

Ketiga kurir adalah Hariyono (44), Harigandi Sugiarto (40) dan Abdus Sukur (27), semuanya berasal dari Desa Batukerbuy, Kecamatan Pasean kabupaten Pamekasan Madura

Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, SH, SIK, MH mengatakan, polisi melakukan penyitaan setelah mendapat informasi masyarakat, bahwa ada rokok ilegal yang akan diedarkan di wilayah Jenggawah dan Sekitarnya

Setelah dilakukan proses penyisiran, kata Polres Jember Kusworo, akhirnya petugas memberhentikan Mobil Izusu hitam dan Mitsubishi L300 dan Didalamnya terdapat rokok tanpa dilengkapi pita cukai.
                      (Ratusan Rokok Ilegal)

  Kami mendapat informasi warga masyarakat, bahwa ada transaksi jual beli rokok tanpa cukai, setelah dilakukan penggeledahan didapati barang-barang bukti sesuai informasi yang diberikan, ada rokok tanpa cukai," ujarnya, Jumat (1/2) pagi.

Kusworo menerangka, menurut pengakuan dari tersangka bahwa mereka hanya sebatas mengantarkan rokok-rokok polos itu ke Jember, dengan upah Rp 20 ribu per ball.

"Totalnya ada 126 ball yang kalau dihitung kerugian negara mencapai 118 juta rupiah. Kita berkoordinasi dengan pihak Bea Cukai Jember," imbuhnya.

Sementara petugas bea cukai Jember, Tubagus Firman menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, SH, SIK, MH yang telah bersinergi untuk memberantas rokok ilegal.

"Saya sampaikan banyak-banyak terima kasih kepada Kapolres Jember yang telah bersinergi untuk memberantas peredaran rokok ilegal tanpa cukai," pungkasnya.

Atas perbuatannya, ketiga tersangka dijerat dengan pasal 57 ayat (2) UU RI nomor 7 tahun 2014 tentang perdagangan perubahan atas UU nomor 11 tahun 1995 tentang cukai, dengan ancaman hukuman 1 tahun minimal.

Ancaman hukuman 1 tahun atau maksimal 5 tahun dan atau denda kurang-lebih Maksimal 10 kali lipat dari harga kerugian negara

Diketahui Untuk rokok yang diamankan yakni rokok merek Grand Max isi 20 sebanyak 15 ball, Grand Premium isi 20 sebanyak 15 ball, Nat Geo Mild isi 20 sebanyak 10 ball dan Sugun isi 20 sebanyak 10 ball. (sbr/BG)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon